Sunday, November 20, 2016

Monstera, Tanaman Hias dalam Ruangan



 Selain di halaman rumah Anda, di dalam ruangan rumah pun perlu adanya tanaman hias. Entah itu ruang tamu ataupun di ruang keluarga. Selain untuk mempercantik dekorasi ruangan, tanaman hias yang diletakkan dalam ruangan juga bisa membuat suasana menjadi lebih sejuk. Beberapa jenis tanaman mampu menyerap polutan/gas-gas beracun, sehingga udara di dalam ruangan menjadi lebih sehat. Tentu tanaman tersebut di tanam dalam pot. Ada berbagai macam jenis pot yang dapat dipilih sesuai dengan selera Anda. Pot tersebut selain sebagai tempat media tanam, juga untuk memperindah penampilan tanaman hias yang di tanam. Jadi pilihlan pot yang sesuai baik dari segi ukurannya dan juga penampilannya. Untuk menambah keindahan, pot tersebut dapat ditaruh di atas standing pot yang terbuat dari besi, terutama untuk tanaman hias yang pertumbuhannya tidak tegak ke atas tapi menjuntai kebawah.

Anda mungkin lebih memilih menggunakan tanaman hias imitasi yang terbuat dari plastik atau bahan lain untuk dekorasi ruangan karena alasan tidak perlu perawatan. Namun, seindah-indahnya tanaman plastik, lebih baik menggunakan tanaman asli. Jadi jika Anda ingin dekorasi fungsional, pilihlah tanaman dalam ruangan. Bukan hanya menghijaukan pemandangan, tanaman dalam ruangan dapat menjernihkan udara, menciptakan suasana lebih rileks dalam ruangan. Mungkin Anda sudah mengetahui kebaikan tanaman dalam ruangan. Masalahnya, tak ada waktu atau malas untuk merawat tanaman tersebut dengan telaten

Tak perlu khawatir, karena Anda bisa memilih tanaman dalam ruangan yang mudah perawatannya. Selain Palem Kuning , Salah satu jenis tanaman hias yang mudah perawatannya adalah Monstera (Monstera deliciosa). Monstera merupakan salah satu jenis tanaman yang tidak bisa terkena sinar matahari secara langsung. Maka, Tanaman jenis ini sangat cocok dijadikan aksen penghias ruangan ataupun teras rumah. Walaupun namanya tak setenar bunga mawar ataupun melati, namun kecantikan tanaman yang satu ini tidak kalah menarik. Sehingga Monstera merupakan salah satu jenis tanaman hias yang banyak digemari.
Tanaman ini disebut "monster" karena ukuran daunnya yang cukup besar yang berwarna hijau. Tanaman yang berasal dari hutan tropis di selatan Meksiko sampai selatan Panama ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin menampilkan taman yang indah atau ruangan yang lebih hijau. Bentuk daun Monstera yang unik tak hanya dapat memberi kesan eksklusif pada ruangan, namun juga mampu meningkatkan kualitas udara berkat produksi oksigen terutama pada malam hari. Tanaman Monstera bisa bertahan di dalam ruangan hingga sepekan. Bila ditanam langsung di tanah yang subur, ukuran daunnya akan melebar. Jika ditanam di dalam pot, ukuran daunnya hingga selebar telapak tangan orang dewasa.

Keunikan tanaman ini terletak pada bentuk daunnya, karena memiliki daun bulat yang lebar dan berwarna hijau pekat. Pada daunnya terdapat tekstur yang mirip dengan sobekan-sobekan. Setiap jenis atau varietas Monstera memiliki pola sobek yang berbeda-beda. Monstera deliciosa dapat hidup dengan baik di tempat yang memiliki suhu 23 sampai dengan 30 derajat Celcius pada siang hari, dan 15 derajat Celcius pada malam hari. Media tanam Monstera tidak jauh berbeda dengan jenis tanaman hias yang lain. Media tanam yang baik untuk tanaman yang satu ini terbuat dari campuran tanah subur, pasir serta kompos dengan perbandingan 1:1:1. Pasir bisa diganti dengan sekam padi.
Perawatan tanaman bunga Monstera juga sama dengan jenis tanaman lain yakni dengan penyiraman secara rutin, pemupukan berkala, dan menghindarkannya dari berbagai macam jenis hama serta penyakit yang mengancam. Pergantian media tanam yang baru juga perlu dilakukan jika sudah lama digunakan. Jika di tempatkan dalam rumah, sedapat mungkin letakkan tanaman ini di dekat jendela, agar bisa mendapatkan sinar matahari namun tidak terpapar secara langsung. Namun jika di letakan dalam ruangan yang tertutup tidak ada sinar matahari yang masuk, untuk menjaga kesegarannya, tanaman ini perlu dibawa keluar setelah beberapa lama dalam ruangan. Setelah itu bisa dimasukan kembali ke dalam ruangan.
Selamat mencoba....

2 Comments:

At September 7, 2018 at 6:18 AM , Blogger Unknown said...

Monster yg keren 😍😘❤💕

 
At June 6, 2020 at 8:05 AM , Blogger Unknown said...

Ketileng itu kramat sbelah mana y pak?

 

Post a Comment

Bagaimana Pendapat Anda...??????

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home