Monday, November 14, 2016

Palem Kuning, Bisa di Tanam dalam Ruangan



Dari sekian banyak tanaman hias, salah satu tanaman hias yang sering kita temui dan merupakan khas di taman-taman kota di Indonesia adalah pohon palem. Palem hias merupakan tanaman dengan perawatan sederhana. Ini karena palem merupakan tanaman tropis yang bisa tumbuh dengan sangat mudah di Indonesia. Selama mendapatkan pencahayaan dan air yang cukup, palem akan tumbuh dengan baik. Jenis palem hias ini pun bervariasi, bisa dipilih sesuai selera, salah satunya adalah palem kuning.

Palem jenis ini mudah kita jumpai dimana-mana: di halaman rumah, di pinggir jalan, di taman, baik yang di tanam langsung di tanah ataupun di tanam dalam pot. Bahkan sering kita jumpai ada di dalam ruangan gedung perkantoran.
Kenapa dinamai palem kuning? Sudah pasti karena warnanya kuning. Ada jenis palem lain yang warnanya merah, sehingga dinamai palem merah. Palem kuning disebut juga palem gading, karena warnanya yang kuning terang dan menyerupai gading. Pohon palem kuning merupakan jenis pohon palem yang tumbuh secara merumpun, berukuran relatif  kecil dan ramping dibandingkan palem jenis lainnya. Pelepah daunnya menutupi batang yang beruas-ruas, sehingga batang pohon tidak terlihat dan seperti hanya daun-daun saja dari atas tanah. Cocok untuk diletakkan di pot yang besar.
Pohon palem kuning sebenarnya berasal dari Madagaskas tapi di tempat asalnya pohon palem ini hampir punah. Di habitat aslinya palem kuning bisa tumbuh sampai dengan ketinggian 6 m, akan tetapi pada area taman hanya bisa tumbuh sampai dengan 3m.
Bagi para pecinta tanaman hias, jenis palem inilah yang paling banyak dipilih. Selain karena perawatannya mudah, harganya juga relatif lebih murah dan paling banyak tersedia di tempat penjual tanaman hias. Bagi para jasa rental tanaman, Palem kuning merupakan jenis palem yang paling di buru. Penggunaan pohon palem kuning oleh jasa rental tanaman sangat beralasan, ini di karenakan pohon palem tersebut mampu bertahan hidup meskipun di tempatkan dalam kondisi ruangan dingin yang di timbulkan oleh AC. Sebenarnya hawa dingin yang di timbulkan oleh AC sangat tidak cocok untuk berbagai jenis tanaman. 

Tips menyimpan palem kuning di dalam ruangan
* Jangan menyimpan terlalu lama palem kuning di dalam ruangan. Meskipun palem kuning mampu bertahan pada kondisi ruangan yang ber AC, namun perlu mengeluarkan tanaman tersebut ke luar ruangan untuk mengembalikan kebugaran tanaman palem tersebut. Bila perlu siapkan tanaman palem cadangan yang di tempatkan di area terbuka yang nantinya akan di pergunakan sebagai tanaman pengganti. Secara rata-rata palem kuning hanya mampu bertahan sampai dengan 14 hari jika di simpan di dalam ruangan dengan kondisi suhu ber AC. Peranan tanaman cadangan sebagai rotasi pergantian tanaman dalam ruangan. Semakin singkat palem kuning yang di simpan di dalam ruangan maka semakin kecil juga pohon tersebut mengalami stres. Sebaiknya ganti per 7 hari 1 kali pohon palem kuning.
* Berikanlah air meskipun di tanam dan di simpan di dalam ruangan. Air juga sangat di butuhkan oleh setiap tumbuhan termasuk  palem kuning, walaupun pohon tersebut di simpan di dalam ruangan bukan berarti palem kuning tidak membutuhkan air. Berikanlah air secukupnya, sehingga media tanam dalam pot tidak sampai  mengering, paling tidak 2 hari 1 kali.
* Ganti media tanam. Hal tersebut untuk  menjaga unsur hara yang ada pada pohon palem kuning, fungsinya agar pohon tersebut bisa lebih cepat kembali pada performa semula.
* Berikan pupuk tambahan berupa NPK sebanyak kira-kira setengah sendok teh per 1 kali pakai.
Kami sediakan Tanaman hias palem kuning yang "siap pakai", sudah di tanam dalam pot plastik yang mana telah ditutupi batu alam warna putih sehingga terkesan lebih bersih. Hubungi Kami UD.MbangunDeso.



0 Comments:

Post a Comment

Bagaimana Pendapat Anda...??????

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home