Tuesday, November 15, 2016

Taman Rumah




Sebuah bangunan rumah tempat tinggal, gedung perkantoran, ataupun bangunan lainnya seperti Rumah Sakit, SPBU, Mall, yang sudah didesain sedemikian rupa, masih kurang lengkap tanpa hadirnya tanaman. Bahkan, akan terpancar kesan gersang pada bangunan tersebut. Tanaman sebagai unsur pembentuk kehidupan, keberadaanya tak bisa lepas dari segala sisi kehidupan manusia. Beberapa jenis tanaman yang ditanam di suatu area tertentu, dikombinasikan dengan bahan-bahan lain, kemudian ditata dengan baik akan membentuk suatu tanam yang asri. Peranan penting suatu taman, selain menciptakan keindahan juga dapat memberikan dampak kesegaran bagi lingkungan karena tidak ada makhluk hidup selain tanaman yang mampu memproduksi oksigen. Keberadaan taman di rumah tentu juga dapat memberikan “kesegaran fikiran” bagi penghuninya. Sudah menjadi kodrat manusia yang cinta akan keindahan. Maka kehadiran taman di rumah sangatlah diperlukan. Mungkin Anda berfikir bahwa tidak perlu membuat taman rumah karena rumah yang anda miliki bukan rumah yang mewah. Justru dengan adanya taman, rumah yang sederhan akan terlihat lebih asri.

Keberadaan taman yang indah tentunya tidak terlepas dari hadirnya tanaman hias sebagai komponen pembentuk taman. Namun bukan berarti, selain tanaman hias tidak bisa digunakan. Tanaman buah-buahan ataupun tanaman sayuran bisa dihadirkan dalam suatu taman. Suatu taman akan berhasil tampil dengan baik dan sesuai dengan tujuannya sangat ditentukan oleh kualitas desain. Desain taman dimana komponen-komponen dikombinasikan dengan tepat dapat menciptakan nuansa tertentu sesuai selera dan keinginan.  Oleh karena itu, segala aspek yang berhubungan dengan desain, termasuk elemen pembentuk taman, haruslah diperhatikan dengan seksama. Elemen taman rumah meliputi tanah, cahaya, air, udara. Elemen taman secara langsung maupun tidak langsung mempengaruhi penampilan dan kualitas suatu taman. Sedangkan komponen taman rumah terdiri dari : Komponen Bahan Lunak (Soft Material) dan Komponen Bahan Keras (Hard Material).

Soft Material, dalam hal ini adalah tanaman, selalu berubah keadaannya baik dalam bentuk, tekstur, warna, dan ukurannya. Perubahan penampilan ini disebabkan oleh karena tanaman adalah mahluk biologis (hidup) yang selalu tumbuh dan berkembang, serta dipengaruhi oleh faktor lingkungan sekitarnya. Dalam memilih tanaman sebagai komponen taman,beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah :
·         Keadaan lingkungan tempat asal tanaman
·         Permintaan pemakai (pemesan taman)
·         Sifat-sifat tanaman (dalam hal ini berkaitan erat dengan aspek ekologi dan fisiologis).
Tanaman kaitannya dengan konsep desain taman, memiliki fungsi yang beragam. Beberapa jenis tanaman yang akan dihadirkan dalam suatu tanam harus ditempatkan dengan tepat sesuai fungsinya di taman. Fungsi Tanaman dalam desain taman, yaitu :
i.                    Tanaman ground cover
ii.                  Tanaman perdu
iii.                Pohon peneduh
Jadi semua jenis tanaman bisa digunakan untuk komponen taman rumah Anda selama  tanaman yang akan digunakan sudah sesuai dengan kondisi iklim dan morfologi ditempat Anda. Rumput Gajah Mini, Jenis Rumput Untuk Taman biasa digunakan sebagai tanaman ground cover untuk menutupi space kosong dari sebuah taman. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah mengenai kaidah skala. Skala atau proporsi tanaman adalah perbandingan antara tanaman satu dengan tanaman lainnya, atau perbandingan antara tanaman dengan lingkungan sekitarnya. Pengaturan ruang yang serasi dan proporsional diperoleh dengan pengaturan skala masing-masing komponen dengan tepat. Sebagaimana diketahui bahwa komponen tanaman adalah makhluk biologis yang selalu tumbuh dan berkembang. Maka hal tersebut harus diperhatikan secara seksama. Bila tidak, akan mengakibatkan komponen yang digunakan bisa terjadi saling tumpang tindih. Di lihat dari segi morfologi tanaman, dimana tanaman terdiri dari organ-organ hidup untuk berkembang diantaranya, akar, daun, batang dan bunga. Semua organ-organ tersebut tumbuh sesuai dengan morfologi hidupnya, yang mana tiap-tiap tanaman memiliki cara tumbuh kembang berbeda. Ada yang tumbuh secara menyamping dan ada pula yang tumbuh secara tegak. Jadi pemahaman mengenai morfologi tanaman juga penting dalam desain taman rumah.

Hard Material mencakup komponen penyusun taman yang sifatnya relatif tidak berubah baik dalam bentuk, warna ataupun ukurannya, diperuntukan sebagai pelengkap keindahan penampilan suatu taman. Komponen tersebut diantaranya adalah :
1.      Batu-batuan, Dihadirkan untuk menambah kesan alami dan indah.
2.      Potongan-potongan Kayu, Dihadirkan untuk lebih membuat taman terasa alami.
3.      Lantai atau Perkerasan, berpengaruh kuat pada kesan keseluruhan taman, dikarenakan bahan, warna maupun teksturnya ikut berpengaruh terhadap terciptanya suasana tertentu dari ruangan yang bersangkutan.
4.      Jalan Setapak, ditujukan agar pengguna taman mudah bergerak.
5.      Tangga, Tangga dalam taman dapat berupa tangga dari rumah ke taman atau tangga antar bagian taman.
6.      Dinding/pagar, Dinding/pagar dalam taman berfungsi dalam mengontrol, memberi arah dan suasana, serta pembatas ruang taman atau penutup efektif
7.      Bangku Taman
8.      POT / Bak Tanaman
9.      Lampu Hias (lampu taman)
10.  Kolam dan Air terjun, Fungsi dihadirkannya kolam atau air terjun dalam suatu taman adalah : Menambah kesejukan, Menambah ketenangan, Merubah suasana
11.  Pergola, berfungsi sebagai peneduh di taman yang dirambati beberapa tumbuhan merambat/melilit.  Sering digunakan sebagai garasi atau penghubung antar ruang yang berjauhan
12.  Gazebo/Shelter, Difungsikan sebagai tempat istirahat sejenak atau tempat berteduh.
Agar nampak indah dan menyatu dengan komponen taman lainnya, maka gazebo atau shelter sebaiknya :
a.       Sesuai dengan desain atau gaya taman
b.      Proporsional dalam ukuran
c.       Bahan tahan cuaca dan mudah perawatannya
d.      Struktur kuat dan kokoh
e.       Letakkan pada tempat yang cocok

Komponen apa saja yang cocok untuk taman rumah ? jawabanya terserah anda..! cocok atau tidaknya komponen yang akan digunakan adalah selera dari owner. Namun yang harus diperhatikan adalah gunakanlah komponen taman yang selaras dengan bangunan. Sehingga setiap komponen taman yang digunakan dapat seirama dengan bangunan. selain itu diperlukan juga pemahaman mengenai pemahaman konsep taman, gunanya agar komponen taman yang digunakan dapat selaras dengan tema rumah. Contohnya bangunan yang berdiri tegak  lurus membutuhkan komponen berupa tanaman yang berkarakter sama. Seperti konsep Taman Minimalis  yang cenderung tegak lurus. Dari penjelasan di atas komponen yang akan digunakanpun tidak bisa asal, sebab harus menyerasikan antara bangunan dan antar komponen yang lainnya.
Kami UD. MbangunDeso siap membantu Anda mewujudkan Taman Rumah yang Anda impikan
Hubungi di No Hp  0856 4282 7879
Alamat : Desa Ketileng Kec. Kramat Kab. Tegal
ShowRoom : Jl. Raya Garuda Desa Bongkok, Kec. Kramat Kab. Tegal



0 Comments:

Post a Comment

Bagaimana Pendapat Anda...??????

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home