Friday, January 6, 2017

Putsa, Jenis Apel Yang Mudah Berbuah di-TaBuLamPOT-kan



Buah Apel Putsa di Pohon
Salah satu jenis tanaman buah yang dapat Anda pilih untuk dijadikan TaBuLamPOT adalah tanaman buah apel. Tapi bukan jenis apel yang biasa kita temukan di Kota Batu, Malang atau daerah dataran tinggi lain. Apel yang satu ini adalah jenis tanaman buah yang bisa tumbuh di dataran rendah. Namanya putsa alias apel India (Ziziphus Mauritiana).

Ada seorang teman Penulis yang mengatakan tanaman ini bukan apel tapi tanaman widaran. Pada zaman dahulu, tanaman widaran banyak tumbuh di halaman-halaman rumah penduduk di daerah pesisir Kota Tegal. Namun sekarang sudah jarang ditemui.
Memang, apel India ini berkerabat sangat dekat dengan Widaran/Bidara (Zizhipus spontanea). 
Daun Tanaman Bidara
Ada yang menyebut putsa sebagai kultivar unggul dari bidara. Jika diamati, ada beberapa perbedaan diantara keduanya. Buah bidara rasanya agak masam tidak enak dimakan dan berbentuk bulat, sedangkan putsa agak lonjong. Sehingga umumnya buah bidara tidak dikonsumsi langsung, tapi diolah menjadi produk manisan buah. Batang pohon bidara berduri, sedangkan putsa hampir tidak berduri atau jika muncul duri terlihat jarang-jarang dan berukuran lebih kecil.
Buah apel india berbentuk lonjong kira-kira sebesar jambu biji. Kulit buahnya berwarna hijau mengkilat ketika masih muda dan akan berwarna sedikit kekuningan ketika sudah matang. Daging buahnya berwarna putih. Rasa buah yang telah matang sungguh manis, lebih manis dari rasa apel pada umumnya. Tekstur kulit dan buahnya renyah, saat dikunyah kulit buahnya tidak terasa alot. Di tengah daging buah terdapat biji tunggal berbentuk lonjong berwarna coklat muda.

Buah Apel Putsa

Kenapa Penulis sarankan Tanaman Buah ini menjadi salah satu pilihan TaBuLAmPOT..?
Tanaman putsa sangat rajin berbunga dan terus berbuah lebat sepanjang musim, tanpa perawatan khusus. Tanaman ini termasuk mudah tumbuh, tidak membutuhkan perawatan khusus jika  di-tabulampot-kan, akan tetap subur dan memamerkan buah-buahnya yang lebat.
Bunga Tanaman Putsa

Perawatan Tabulampot Putsa
Pertumbuhan batang putsa cenderung menjalar ke segala arah, sehingga tabulampot putsa perlu dibuatkan ajir atau penyangga dari kayu, bambu atau bahan lain untuk menyangga agar tidak rebah ke tanah. Perlu pula dilakukan pemangkasan batang agar pertumbuhan batang lebih terarah dan terlihat rapi.

Tabulampot Apel Pusta milik Bpk. Karno (Pelanggan UD.MbangunDeso)
Beberapa pekebun menyarankan untuk melakukan penjarangan buah, agar buah-buah terpilih tumbuh lebih besar. Tanpa melakukan penjarangan buah, hasilnya memang kecil-kecil. Namun, ukuran tak berpengaruh pada manis tidaknya rasa buah.
Hama yang terkadang datang hanyalah belalang kuning besar yang suka memakan daun putsa. Cukup di tangkap dan dimatikan. 
 Daun yang rusak akibat serangan hama belalang



Bila Anda ingin menanam tanaman ini, Anda bisa membeli bibitnya disini : UD.MbangunDeso

3 Comments:

At April 28, 2017 at 7:42 PM , Blogger Andri Faisal said...

daunnya saya sering juga rontok,saya pikir ada yang metik mungki belalang sudah mengerogoti pohon bidara saya

 
At July 15, 2020 at 5:51 PM , Blogger Unknown said...

Apakah pohon Apel Putsa berduri? Bagaimana cara merawat agar pohon cepat besar dan berbuah?

 
At October 8, 2020 at 1:59 AM , Anonymous kulitmanggisku said...

Jadi pengen nanem apel putsa


https://kulitmanggisku.com/

 

Post a Comment

Bagaimana Pendapat Anda...??????

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home