Monday, January 30, 2017

Cara Mudah Membuahkan Kelengkeng

Perangsang Tanaman Kelengkeng agar Berbuah.


Mungkin anda punya pohon kelengkeng di halaman rumah yang sudah lebih dari 5 tahun ditanam tapi anda belum pernah menikmati buahnya. Ada cara yang mudah untuk “memaksa” kelengkeng anda tersebut supaya berbuah. Namun sebelum membahas caranya, penulis ingin menyampaikan anggapan-anggapan beberapa orang mengenai budidaya kelengkeng.
Ada yang menganggap bahwa kelengkeng itu tidak bisa ditanam di dataran rendah. Tanaman kelengkeng hanya bisa ditanam di daerah dataran tinggi dengan kondisi suhu udara yang  sejuk.  Jika ditanam di dataran rendang tanaman kelengkeng bisa tumbuh subur , tapi biasanya tidak mau berbunga apalagi berbuah. Pohon kelengkeng hanya jadi sebagai peneduh rumah dari terik matahari.
Ada lagi yang beranggapan bahwa supaya berbuah kelengkeng harus ada “pasangannya”. Jadi kalau anda menanam kelengkeng cuma satu, dan kebetulan di sekitar tempat anda menanam tidak ada pohon kelengkeng lain, maka sampai kapanpun tidak akan berbuah, selamanya kelengkeng anda “menjomblo” jadi “ngambek” untuk berbuah.  Anggapan lainnya adalah jika bibitnya dari biji, maka tanaman kelengkeng yang sudah dewasa juga akan sulit berbuah. 
Namun, pada kenyataanya berdasarkan cerita yang disampaikan pelanggan kami, ada yang menanam kelengkeng sepasang dari bibit cangkokan, tapi belum pernah berbuah, padahal umurnya sudah lebih dari 5 tahun. Ada juga yang punya pengalaman, walaupun cuma menanam satu pohon kelengkeng, nyatanya bisa berbuah.
Sejalan dengan perkembangan jaman, teknologi budidaya tanaman semakin maju, kini buah kelengkeng tidak hanya bisa dinikmati oleh masyarakat  yang tinggal di dataran tinggi, masyarakat dataran rendahpun kini bisa menikmati manisnya buah kelengkeng dari hasil menanam sendiri. Banyak juga tanaman introduksi dari luar negeri yang bisa di tanam di Indonesia dan ternyata bisa berbuah walaupun berbeda iklim dengan negara asal tanaman tersebut berasal.
Jenis-jenis kelengkeng seperti diamond, itoh, pingpong, kristalin, dan aroma durian merupakan jenis-jenis kelengkeng yang bisa ditanam di derah dataran rendah. Bahkan jenis kelengkeng-kelengkeng tersebut bisa kita tanam dalam pot untuk dijadikan hiasan halaman rumah sebagai tabulapot.
Memang adakalanya setelah kita menanam kelengkeng lebih dari tiga tahun baik itu dalam pot atau langsung ke tanah tetapi belum juga mau berbunga, walaupun secara umur sudah waktunya berbunga.
Jika kita sudah menanam kelengkeng selama tiga atau lebih akan tetapi belum juga mau berbunga padahal pertumbuhan vegetatifnya sangat bagus (pertumbuhan daun, cabang dan ranting sangat lebat) sebenarnya bisa kita rangsang pembungaannya dengan menggunakan BOSTER KELENGKENG.
Sebelum aplikasi BOSTER KELENGKENG, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar bisa berhasil  :
  1. Tanaman kelengkeng sudah berumur “dewasa” telah berumur lebih dari 4 tahun, pada kelengkeng tabulapot bisa di pakai pada umur 3 tahun.
  2. Tanaman kelengkeng dalam kondisi sehat dengan pertumbuhan tanaman yang bagus/ subur. Jika tanaman belum tumbuh subur sebaiknya disuburkan dulu dengan pemberian pupuk NPK.
  3. Jika pada ujung-ujung tanaman masih membentuk tunas-tunas baru, jangan dulu aplikasi BOSTER KELENGKENG, aplikasinya saat tanaman tidak membentuk tunas muda.
Pemberian BOSTER ini bertujuan untuk mempercepat waktu berbuah, atau memilih kapan waktu untuk dapat berbuah sesuai dengan  kebutuhan. Berikut langkah-langkah membooster tanaman kelengkeng agar cepat berbuah :
  • Kerok kulit ari batang pokok dan cabang-cabang primer menggunakan sebilah bambu/pisau yang tumpul. Jangan sampai terluka, cukup kelupas bagian kulit yang tipis berwarna kecoklatan.
  • Larutkan 1 bungkus BOSTER KELENGKENG dengan 8 liter air bersih, aduk hingga larut.
  • Celupkan lap kain bersih ke dalam larutan BOSTER. Gunakan untuk mengelap batang pokok dan cabang primer yang telah dikerok sampai basah merata.
  • Larutan BOSTER yang tersisa, siramkan ke sekitar pangkal batang pohon kelengkeng secara melingkar.
  • Aplikasi pada tabulampot, 1 bungkus BOSTER KELENGKENG bisa digunakan untuk 4 tabulampot kelengkeng.
Biasanya calon bunga akan keluar 20-30 hari setelah diaplikasi dengan BOSTER KELENGKENG. Jika belum kelihatan calon bunga yang keluar, tunggu maksimal sampai 2 bulan. Namun jika lebih dari 2 bulan calon bungan belum keluar, maka aplikasi BOSTER KELENGKENG diulang lagi. 
Anda bisa mendapatkan bibit tanaman kelengkeng di UD.MbangunDeso

0 Comments:

Post a Comment

Bagaimana Pendapat Anda...??????

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home