Indonesia adalah negara agraris (sebuah kenyataan atau pertanyaan)

Mayoritas penduduk Indonesia bermatapencaharian di bidang pertanian, itu lah faktanya. Kalau hal tersebut dijadikan parameternya, maka Indonesia adalah negara agraris. Pernyataan itu benar adanya. Namun, sebagai negara agraris diharapkan kebutuhan pangan untuk warganegaranya dapat dicukupi dari produksi dalam negeri. Kenyataanya, Indonesia masih mengimpor pangan dari luar negeri, tidak hanya beras sebagai makanan pokok, tetapi bahan pangan lainnya seperti gandum, kedelai, dan jagung. Masih banyak Petani yang hidup dalam kemiskinan dan masih ada penduduk di pedesaan, yang menjadi sentra produksi pangan, mengalami kelaparan. Jadi pernyataan bahwa negara Indonesia adalah negara agraris patut jadi pertanyaan. Tetapi, semoga suatu saat nanti Negara Indonesia menjadi kenyataan sebagai Negara Agraris. Mari Kita memberikan sumbangsih bagi Kemajuan Dunia Pertanian Indonesia sesuai kemampuan Kita masing-masing. Apa sumbangsih Anda..........????????

Minggu, 12 Juni 2011

Tips agar Tanaman Cepat Berbuah.


Anda mungkin mempunyai tanaman buah di pekarangan sekitar rumah atau mungkin Anda memang mempunyai perkebunan tanaman buah yang sengaja dibudidayakan untuk tujuan bisnis. Tanaman Anda kelihatan rimbun tetapi produktivitas buahnya kurang. Seolah-olah tanaman Anda ‘ngambek” untuk berbuah padahal terlihat sehat.
Sebelum mencari penyebab tanaman tersebut “ngambek” berbuah, maka kita harus mengetahui dahulu syarat-syarat yang harus dipenuhi agar tanaman dapat berbuah sesuai yang kita harapkan.
-          Secara genetis tanaman tersebut berasal dari bibit tanaman unggul yang mampu berbunga, bukan merupakan bibit keturunan tanaman mandul.
-          Makroklimat  terpenuhi. Artinya, lingkungan tempat tumbuh tanaman harus memenuhi syarat, mencakup iklim, ketinggian tempat ( berkaitan dengan suhu udara), kelembaban, curah hujan, maupun sinar matahari.
-          Mikroklimat terpenuhi. Artinya, tanah sebagai media tumbuh tanaman tersebut memenuhi persyaratan hidupnya, mencakup struktur tanah, keadaan air tanah, suhu tanah, PH, kelembaban, unsur hara yang terkandung dan mikroorganisme yan ada dalam tanah.
-          Tanaman sudah dewasa dan bebas dari serangan hama-penyakit tanaman.
Apel: jenis tanaman buah yang perlu makroklimat spesifik agar berbuah

Jika persyataran tersebut  di atas telah terpenuhi, kita dapat memberikan perlakuan tertentu yang dapat mempercepat tanaman berbuah. Kalau tanaman yang kita miliki belum juga berbuah, padahal persyaratan diatas telah terpenuhi, maka ada hal-hal yang menjadi penghambatnya.  Berikut ini beberapa kemungkinan yang menyebabkan tanaman belum juga berbuah, yaitu :
-          Tanaman belum dewasa (umur untuk dapat berbuah belum tercapai). Batas umur itu tergantung pada jenis tanaman dan bibit yang digunakan. jika bibit yang digunakan bibit generatif berupa biji  waktu untuk mencapai umur dewasa relatif lebih lama dibandingkan yang berasal dari bibit vegetatif (sepert bibit stek, cangkok atau okulasi).
-          Kandungan unsur hara dalam tanah yang tidak berimbang. Kandungan unsur N (Nitrogen) yang berlebihan membuat tanaman tumbuh terlalu rimbun. Pada masa pertumbuhan vegetatifnya, tanaman lebih banyak membutuhkan unsur N, tetapi bila sudah memasuki masa pertumbuhan generatif, unsur N yang dibutuhkan lebih sedikit dan tanaman membutuhkan unsur hara yang lain.
-          Tanaman yang tumbuh merupakan jenis pohon yang hanya bisa berbuah jika ada phon berbunga jantan yang tumbuh di dekatnya. Contohnya adalah pohon lengkeng dan salak.
-          Tanaman yang tumbuh merupakan jenis pohon yang hanya bisa berbuah kalau bunganya mendapat tepung sari bunga dari pohon sejenis. Contohnya adalah pohon alpukat.    
-          Saat berbunga, masaknya bunga jantan dan bunga betina tidak bersamaan, jadi sebelum terjadi persarian, salah satu bunga telah gugur terlebih dahulu. Contohnya pada pohon kelapa.
-          Pohon telah berbunga lebat, tetapi buah yang ditunggu-tunggu tidak kunjung datang, maka penyebabnya adalah terjadinya gugur bunga. Keguguran bunga akibat beberapa faktor sebagai berikut :
1.       Kurangnya air dalam tanah
2.       Adanya serangan hama-penyakit
3.       Terjadinya hujan yang  terlalu deras atau angin yang terlalu kencang.
4.       Jika tanaman berasal dari bibit okulasi, kemungkinan batang bawahnya kurang baik.
5.       Unsur N (Nitrogen) yang berlebih, tetapi kekurangan unsur Ca (kalsium).
Lengkeng: jenis tanaman buah yang perlu "pejantan" agar berbuah

Alpukat : Jenis Tanaman buah yang perlu tepung sari agar berbuah
Jika ternyata tanaman buah yang kita miliki tidak memenuhi syarat untuk menghasilkan buah, maka segera lakukan usaha-usaha mengatasi hal-hal yang menghambatnya. Jika makroklimatnya tidak sesuai, sebaiknya tanaman diganti dengan jenis tanaman yang lebih sesuai. Jika mikroklimatnya yang tidak sesuai, lakukan tata cara pengolahan tanah yang sempurna sehingga kondusif bagi pertumbuhan tanaman tersebut.
Kalau tanaman selalu tumbuh lebat dan rimbun, segera lakukan pemangkasan dan mengurangi tajuknya. Potonglah ranting yang membalik ke arah batang dan juga ranting yang tumbuh bersilang.  Jika usaha  memotong ranting sulit dilakukan karena pohon terlalu tinggi, untuk mengurangi kerimbunan daun, usaha lain yang bisa dilakukan adalah dengan membuang kulit batang  sekitar 1 cm di sekeliling batang. Selain itu, bisa juga dengan memangkas sebagian akar. Perlu diperhatikan, pemotongan akar tidak terlalu banyak agar tanaman tidak sampai mati.
Tanaman yang terserang hama-penyakit akan susah untuk berbuah. Untuk itu, perlu dilakukan usaha pengendalian hama-penyakit tersebut, salah satunya dengan aplikasi pestisida kimia. Aplikasinya bisa dengan penyemprotan atau penyuntikan melalui batang, tergantung dari sifat serangan hama-penyakitnya dan cara kerja pestisida yang digunakan.
Upaya-upaya lain masih ada yang bisa dilakukan agar tanaman Anda cepat menghasilkan buah. Upaya-upaya tersebut akan diuraikan pada tulisan-tulisan berikunya.

Bagaimana Pendapat  Anda...??
Semoga Bermanfaat...!!!!

16 komentar:

  1. terimakasih infonya, saya akan coba dlu. tanaman saya pohon alpukat... dlu buahnya lebat.. tapi kali ini jarang-jarang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. OK...Selamat mencoba, semoga berhasil. kalau butuh suplemen/nutrisi untuk pertumbuhan tanaman, bisa hubungi saya.
      terimakasih.

      Hapus
    2. pohon alpukat saya sudah tinggi, tapi knapa yha tidak berbuah ,,

      Hapus
    3. Proses pembuahan pada tanaman alpukat sama dengan tanaman buah-buahan yang lain. Setelah terjadi penyerbukan, yaitu berpindahnya serbuk sari dari kepala sari ke kepala putik.
      Tanaman alpukat tergolong tanaman yang berbunga banyak. Bunga alpukat aneh, yaitu semua bunga yang mekar di suatu pohon pada suatu ketika semuanya adalah bunga betina, dan pada ketika lain adalah bunga jantan. Bunga alpukat memiliki sifat yang disebut dikogami (dichogami), yaitu putik dan benang sari pada bunga masak secara tidak bersamaan. Bunga dikogami seperti bunga alpukat ini tidak mungkin melakukan penyerbukan sendiri. Putik bunganya berfungsi bila mengalami penyerbukan silang dari bunga pohon lain.
      Jadi..kalau pohon alpukat di kebun anda cuma satu, wah repot..perlu mendatangkan pohon alpukat lain yang beda tipe-nya dalam hal pembungaan..

      Hapus
  2. pohon alpukat dirumah ku tinggi tapi keliatan kurus dan belum berbuah sama sekali.. itu gimana ya cara biar bisa cepat berbuah??

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurus..berarti kurang perawatan...(kuruang pupuk yang lebih lengkap kandungannya)

      Hapus
    2. perlu disuplai pupuk dan hormon. mungkin juga karena adanya serangan hama dan penyakit, jadi perlu di atasi serangan hama-penyakit tersebut supaya tanaman tumbuh sehat

      Hapus
  3. coba ke klinik tong fang

    BalasHapus
    Balasan
    1. klinik tong fang..??? klinik apa itu Bos...

      Hapus
  4. infonya sangat bermanfaat. Saya mau bertanya mas, saya mmg blm begitu paham di bidang ini, khususnya ttg mencangkok.
    Saya mencangkok tanaman mangga yang belum berbuah 2 tahun lalu, saat ini cangkokan tersebut sdh saya tanam dan tumbuh lebat. Namun saya baca sebuah artikel kalau kita cangkok tanaman yg belum berbuah, maka tanaman cangkokan tersebut tidak akan pernah berbuah, benarkah demikian? mohon penjelasannya. terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok.. Makasih komentarnya,
      masalah hasil cangkokan dari tanaman ygn belum berbuah, sepengetahuan saya juga begitu. jd, lain kali kalau mau mencangkok, tunggu dulu tanaman tersebut sudah berbuah (yang artinya sudah memasuki masa generatif/tanaman tersebut sdh sudah dewasa), logikanya kita jadi sudah tau pasti kualitas hasil buah dari tanaman yang akan dicangkok

      Hapus
  5. bisa sms dihp. 081804207640. saya pengin tanya tentang produk DowAgro Sciens/.. makasih, Budi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok..Makasih komentarnya..
      boleh saya tau..Bpk Budi domisilinya dimana? dan berprofesi sebagai apa..??

      Hapus
  6. durian yang tumbuh dari biji umur berapa bisa buah ya....

    BalasHapus
  7. Perbanyakan tanaman buah secara alami dengan biji, relatif lebih lama. untuk itu, digunakan cara2 buatan seperti mencangkok, selain untuk mempercepat pertumbuhannya juga untuk memperbaiki sifat tanaman tsb. cepat lambatnya tanaman berbuah juga karena faktor2 lain, genetis ( spesies buah durian) dan lingkungan

    BalasHapus
  8. apa alpukat bisa di cangokok pak ? trus gimana caranya ? mohon jawabannya.

    BalasHapus

Bagaimana Pendapat Anda...??????