Sunday, June 12, 2011

Bunga Matahari: Si Kuning yang Indah dan Berkhasiat


 
Si Kuning Bunga Matahari yang Kaya Khasiat.
Penampilannya persis seperti matahari dan mempunyai perilaku yang dikenal dengan istilah heliotropik (tumbuh mengarah ke arah matahari), maka namanya disebut bunga matahari (sunflower) yang dalam bahasa ilmiahnya adalah Helianthus annuus. Pada malam hari, bunga itu tertunduk ke bawah. Selain penampilannya yang  cantik, bunga matahari memeliki khasiat untuk kesehatan. Di indonesia umumnya bunga ini ditanam hanya sebatas sebagai hiasan taman di depan rumah, belum dijadikan komoditas agribisnis yang dibudidayakan secara intensif. Dengan melihat khasiat yang dikandungnya, bunga ini di luar negeri sudah dikembangkan sebagai komoditas pertanian yang bisniskan secara serius.
 Agribisnis Bunga Matahari

Di Cina, bunga ini dikenal dengan sebutan Xiang ru kui, orang Jawa menyebutnya kembang srengenge, sedangkan di dalam budaya melayu disebut Bungngong matahuroi. Di daerah lain menyebutnya dengan nama yang berbeda-beda. Meski beragam nama, bunga ini dapat  tumbuh dimana saja dengan wujud dan sifat yang sama.
Bunga matahari merupakan tanaman perdu yang umurnya pendek, kurang dari setahun, sehingga disebut herba anual. Tanamannya tegak, berbulu, tinggi 1 - 3 m. Bunga ini termasuk tanaman berbatang basah (herbaceus), daun tunggal berbentuk jantung dengan panjang 15 cm dan lebarnya 12 cm. Bunganya besar seperti cawan (diameternya dapat mencapai 30cm), dengan mahkota berbentuk pita di sepanjang tepi cawan, yang berwarna kuning cerah. Di tengahnya terdapat bunga-bunga kecil berbentuk tabung berwarna coklat. Bila dibuahi, bunga-bunga kecil ini menjadi biji - bijinya yang berwarna hitam bergaris - garis putih dan berkumpul di dalam cawan. Bila sudah matang, biji - biji ini mudah dilepaskan dari cawannya. Biji-biji bunga matahari inilah yang banyak mengandung khasiat.
Bunga matahari biasanya ditanam sebagai tanaman hias pada halaman atau taman-taman yang cukup mendapat sinar matahari. Tanaman ini cocok di segala tempat, tidak membutuhkan makroklimat yang spesifik, tetapi tanaman ini paling baik ditanam di daerah pegunungan, daerah yang memiliki kelembaban cukup dan banyak mendapatkan sinar matahari langsung. Bunga matahari dapat tumbuh didataran rendah sampai ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut. Bunga matahari tidak dapat hidup di daerah yang tergenang air, karena akarnya akan membusuk.
Menurut berbagai riset, bunga matahari kaya akan zat istimewa yang diperlukan oleh tubuh manusia, mulai dari bunganya, sumsum batang dan dasar bunganya, serta bijinya. Khasiat bunganya antara lain untuk penyakit tekanan darah tinggi (hypertensi), sakit kepala, nyeri lambung, nyeri haid (dismenore) dan radang payudara (mastitis). Khasiat sumsum batang dan dasar bunganya (reseptakulum) adalah untuk kanker lambung, kanker esophagus, nyeri lambung, susah buang air seni atau air seni mengandung darah (hematuria). Sedangkan khasiat bijinya diantaranya untuk mengatasi kurang nafsu makan, lesu, disentri mengandung darah, dan merangsang pengeluaran warna kemerahan pada campak.
Riset lain mengungkapkan bahwa biji bunga matahari sangat baik untuk menyediakan lemak tak jenuh ganda bagi tubuh. Berdasarkan kandungan asam lemak esensial, ada dua jenis lemak tak jenuh ganda, yaitu asam alfa linoleat (omega 6) dan asam alfa linolenat (omega 3). Omega 6 dan omega 3 dibutuhkan untuk pertumbuhan, mempertahankan struktur membran sel dan memproduksi zat kimia perantara yang berperan mengatur fungsi tubuh seperti proses pembekuan darah (sehingga mengurangi resiko terkena serangan jantung), pengaturan tekanan darah dan sistem kekebalan tubuh.
Biji Bunga Matahari

Omega 6 banyak terkandung dalam minyak nabati, namun sumber terbaik adalah minyak bunga dan biji matahari. Omega 6 membantu menurunkan kadar kolesterol darah. Keseimbangan kadar omega 6 dan omega 3 sangat penting untuk mempertahankan fungsi optimalnya. Dengan mengkonsumsi biji bunga matahari secara teratur membuat kulit lebih cemerlang dan menyuburkan rambut. Khasiat lain bagi seorang wanita adalah membantu pasutri untuk segera mendapatkan keturunan.
Dengan melihat berbagai khasiat yang dikandung oleh tanaman ini, ada peluang usaha untuk mengembangkannya, baik di sektor on-farm (usaha budidaya) atau off-farm (pembuatan produk-produk olahannya).
 Contoh produk olahan dari tanaman bunga matahari
Bagaimana Pendapat Anda...???
Semoga Bermanfaat....!!!!

0 Comments:

Post a Comment

Bagaimana Pendapat Anda...??????

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home